Pesantren Ramadhan SMK YPC Tasikmalaya 2022

Singaparna; Melaksanakan Ibadah Puasa dibulan Ramadhan bagi umat Islam merupakan hal yang wajib dilaksanakan. Ibadah Puasa di Bulan Ramadhan diwajibkan untuk menahan makan dan minum dari fajar hingga senja. Pada hakekatnya Ibadah Puasa di Bulan Ramadhan tidak hanya sekedar menahan lapar dan haus saja, tetapi Ibadah Puasa di Bulan Ramadhan juga melatih disiplin dan pengendalian diri. Seluruh Umat Muslim dipenjuru dunia telah diperintahkan untuk melaksanakan puasa di bulan Ramadhan, perintah tersebut sudah lebih dari 1400 tahun yang lalu. Penelitian mengenai manfaat puasa telah banyak diteliti oleh para ahli dan ilmuan, penelitian tersebut mengungkap manfaat puasa untuk kesehatan mental dan fisik.

Dalam Rangka menghidupkan aktifitas keagamaan di Bulan Suci Ramadahan yang jatuh pada tanggal 1 Ramadhan 1443 atau bertepatan dengan tanggal 3 April 2022, maka SMK YPC Tasikmalaya mengadakan kegiatan kerohanian. Kegiatan kerohanian ini diberi nama Pesantren Ramadhan. Kegiatan Pesantren Ramadhan dibuka secara resmi oleh Kepala Sekolah SMK YPC Tasikmalaya Bapak Drs. UJANG SANUSI, M.M., didalam sambutannya Kepala Sekolah SMK YPC Tasikmalaya Bapak Drs. UJANG SANUSI, M.M. menyampaikan agar seluruh warga SMK YPC Tasikmalaya memperbanyak amalan-amalan di bulan Suci Ramadhan dengan cara memperbanyak Ibadah.

Pembukaan Kegiatan Pesatren Ramadhan dihadiri juga oleh Wakil-wakil Kepala Sekolah, Perwakilan Guru, Perwakilan Tata Usaha serta Siswa-siswi SMK YPC Tasikmalaya. Siswa-siswi yang hadir dalam kegiatan pesantren Ramadhan dibagi berdasarkan kelas, hal ini dilakukan agar jumlah siswa-siswi yang hadir teratur. Peserta yang mengikuti kegiatan Pesantren Ramadhan ini diikuti oleh seluruh kelas XI dan X.

Beberapa kegiatan yang dilakukan dalam Pesantren Ramadhan di tahun ini adalah Private baca Qur’an / Tadarus, peraktik Ibadah, Ceramah dan diakhiri dengan sholat Dzuhur berjamaah untuk mengakhiri kegiatan di setiap harinya.

Leave a Reply