Pendidikan Karakter dan Pembekalan Prakerin Siswa/i Kelas XII Tahun Pelajaran 2023/2024

Penyelenggaraan kurikulum dengan pola sistem ganda adalah pendidikan yang dilaksanakan di Sekolah dan di Dunia Usaha atau Dunia Industri (DU/DI) sebagai perwujudan keterlibatan masyarakat dalam meningkatkan mutu pendidikan. Salah satu bentuk pelaksanaan pendidikan di Dunia Usaha atau Dunia Industri dapat berupa Praktek Kerja Industri (PRAKERIN).

Pada tahun pelajaran 2023/2024 kegiatan Prakerin dijadwalkan mulai 24 Juli 2023. Sebelum terjun langsung di DUDI seluruh peserta Prakerin Kelas XII SMK YPC dari jurusan Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan, Teknik Elektronika Industri, Teknik Kendaraan Ringan Otomotif, Teknik dan Bisnis Sepeda Motor, Rekayasa Perangkat Lunak, Teknik Jaringan Komputer dan Multimedia yang akan mengikuti kegiatan Prakerin┬ádiberikan pembekalan dan Pendidikan Karakter guna mempersiapkan diri untuk memasuki ruang lingkup dunia kerja. Pendidikan karakter ini mulai diselenggarakan pada tanggal 21 – 22 Juli 2023.

Pembekalan Prakerin dihadiri oleh Kepala Sekolah, Wakasek Unit Hubinmas, Kepala Kejuruan, Guru, Wali Kelas dan Siswa/i Masing-Masing Jurusan serta tamu undangan dari Perusahaan yang sudah melakukan kerjasama dengan sekolah.

Adapun materi inti dari pembekalan yang disampaikan kepada seluruh peserta didik yaitu : 

  1. K3 dan Pengenalan Pengetahuan Budaya Kerja DU/DI (Hard Skill dan Soft Skill)
  2. Teknik Pengisian Buku Jurnal Prakerin
  3. Pengenlan pembahasan Tes Physikologi dan teknik wawancara kerja
  4. Pengarahan umum jurusan, (Bimbingan pembuatan laporan dan teknis ujian prakerin)

Pembekalan ini di laksanakan bertujuan agar siswa siap disiplin kerja dan untuk memotivasi siswa agar memiliki kedisiplinan, sikap, etos kerja, menjaga etika, serta keharusan untuk siswa mematuhi segala bentuk peraturan yang berlaku di industri/Perusahaan yang mereka tempati untuk melaksanakan Prakerin sebagai bekal setelah lulus nantinya.

“Industri tidak membutuhkan orang yang pandai namun tidak memiliki sopan santun dan kedisiplinan karena akan merugikan industri, yang mereka butuhkan ialah karyawan yang disipilin, sopan, dan juga mau bekerja dengan tim, pandai itu bonus dan bisa di asah selama masa kerja” ujar salah satu pemateri dalam acara ini.

Leave a Reply